Selasa, 14 September 2010

Masa Puber Cewek Makin Cepat, Gawat Tuh!

Share
Belakangan ini awal masa pubertas anak gadis kian maju, yaitu antara usia 7 dan 8 tahun, yang ditunjukkan dengan mulai tumbuhnya payudara.

Para ahli mengatakan meningkatnya angka obesitas di kalangan anak-anak -- yang selama ini dikaitkan dengan perkembangan seksual lebih dini -- mungkin menjadi biang keladinya.

Dalam sebuah studi terbaru, lebih dari 1.200 anak perempuan berusia 6 hingga 8 dari Cincinnati, East Harlem, New York dan San Francisco diteliti dalam dua kesempatan yaitu antara 2004 dan 2006 oleh dua ahli pediatri perempuan yang merasakan adanya keberadaan jaringan payudara.

"Kami ingin berhati-hati agar tidak salah mengira timbunan lemak sebagai jaringan payudara," papar penulis studi Dr. Frank Biro, direktur di Cincinnati's Children's Hospital.

Di antara anak berusia 7 tahun, sekitar 10,4% anak perempuan kulit putih, 23,4% gads kulit hitam dan sekitar 15% gadis Hispanik mulai mengalami pertumbuhan payudara, kata tim peneliti dalam laporan yang diterbitkan di jurnal Pediatrics edisi Agustus. Untuk kalangan anak usia 8 tahun, 18,3% gadis kulit putih, sekitar 43% gadis kulit hitam dan sekitar 31% anak perempuan Hispanik menunjukkan adanya pertumbuhan payudara.

Angka itu menunjukkan adanya peningkatan awal pubertas dibandingkan dengan sejumlah studi yang sama yang dilakukan sebelumnya.

Khusus untuk anak kulit putih usia 7 tahun, mereka menunjukkan peningkatan dua kali lipat dibandingkan dengan sedasawarsa lalu. Salah satu studi menemukan bahwa sekitar 5% dari anak perempuan kulit putih usia 7 tahun dan 10,5% anak usia 8 tahun menunjukkan pertumbuhan payudara.

Bagi anak perempuan kulit hitam, tingkat pertumbuhan payudaranya dalam studi itu adalah 15,4% untuk anak usia 7 tahun dan 36,6% untuk anak usia 8 tahun. Sementara untuk anak Hispanik belum ada datanya.

Para ahli menyebutkan temuan itu sebagai tanda bahaya. Dalam hal kesehatan wanita, masa pubertas awal, termasuk masa menstruasi lebih cepat, dihubungkan dengan tingginya risiko kanker payudara di kemudian hari.

Dalam kondisi ini, anak gadis akan tampak lebih tua dari usianya, tapi secara mental mereka sama seperti rekan-rekannya yang berusia 7 dan 8 tahun, kata Herman-Giddens, yang memimpin studi sebelumnya.

Menurut Biro, meningkatnya berat badan di usia kanak-kanak sepertinya akan menjadi sebuah masalah besar. Anak-anak perempuan yang mengalami pertumbuhan payudara lebih cepat akan cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak mengalami pertumbuhan payudara. Tapi hingga kini belum diketahui seberapa tinggi angka BMI dapat memacu pubertas, sel lemak memproduksi leptin, yaitu hormon yang berperan dalam mempercepat pubertas.

Biro dan kawan-kawan juga melakukan analisis terhadap darah dan urine anak-anak perempuan untuk menentukan apakah paparan terhadap bahan-bahan kimia turut menyumbang percepatan masa pubertas, namun hasil analisis itu belum selesai.

Dan jika nanti paparan terhadap bahan kimia ikut berperan, namun hubungan antara peningkatan berat badan dengan lebih cepatnya masa pubertas sangat kuat, ujar Biro.

Sumber >>> http://www.go4healthylife.com/articles/2137/1/Masa-Puber-Cewek-Makin-Cepat-Gawat-Tuh/Page1.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar